Jumat, 04 Mei 2012

Otak Kanan & Otak Kiri


Teori yang mutakhir mengenai struktur otak mengantarkan kita pada pemahaman bahwa terdapat dua sisi otak yang mengontrol dua cara berfikir yang berbeda. Setiap orang ternyata memiliki kecenderungan untuk lebih nyaman menggunakan satu sisi otak dibandingkan sisi otak yang lainnya.
OTAK KIRI
OTAK KANAN
Logika
Sistem simbol
Sekuensial
Rasional
Analitis
Obyektif
Melihat secara parsial
Kreatif
Sistem gambar
Random
Holistik
Intuitif
Subjektif
Melihat secara menyeluruh
Perbedaan cara berfikir antara otak kiri dan otakkanan secara umum adalah sebagai berikut:
Ketika mempelajari sesuatu, otak kiri akan memulai dari sesuatu yang detail untuk memperoleh gambaran besarnya.Kebalikannya, orang dominan otak kanan,berusaha untuk memperoleh gambaran besarnya, baru ditransformasikan menjadi detail-detail.
Dalam urutan proses merekam informasi juga terjadi perbedaan.
Orang yang dominan otak kiri cenderung untuk mengeksekusi suatu informasi, baru kemudian merekamnya dalam pikiran. Sedangkan orang yang dominan otak kanannya akan merekam dalam fikirannya terlebih dahulu, baru kemudian mengeksekusinya.
Karena urutan proses yang berbeda seperti itu, orang yang dominan otak kanannya sering dianggap agak lambat dalam berfikir, tapi bila mereka telah berhasil merekamnya, justru mereka akan jauh lebih cepat mengeksekusinya dibandingkan mereka yang dominan otak kirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar